Pages

Subscribe:

20 November 2010

Pelayan yang malas

Ada seorang yang sangat kaya, dia sangat rajin, setiap hari sebelum matahari terbit dia sudah bekerja diperkebunannya.

Dia mengupah beberapa pekerja untuk bekerja dirumahnya. Tentu saja terhadap pelayannya dia juga sangat disiplin, dia memberi peraturan kepada mereka setiap subuh begitu ayam berkokok mereka sudah harus bangun bekerja.

Pada permulaan, pelayan-pelayannya sangat rajin bekerja, lama kelamaan mereka menjadi malas : ”Woi, ayam jantan ini kenapa setiap pagi demikian tepat waktu berkokok ! Begitu hari mulai terang dia telah berkokok, hendak tidur agak lama sedikit juga tidak bisa, sungguh menyebalkan !“ Mereka terus mengomel, tetapi tidak berani melanggar peraturan majikannya.

Pada suatu hari, mereka mencoba mencari akal mengerjai ayam jantan yang tepat berkokok ini, tetapi mereka tidak mendapat ide yang bagus. Akhirnya, seorang diantara mereka mendapat sebuah ide : ”Kenapa tidak kita potong saja ayam ini ? Dengan begitu dia selamanya tidak akan bisa berkokok lagi, bagus kan ide saya ini?” dengan bangga dia menyampaikan ide ini kepada teman-temannya.

Teman-temannya setelah mendengar ide tersebut, mereka merasa ide ini tidak jelek, kenapa tidak dari dulu terpikir oleh mereka ide baik ini ? Akhirnya mereka segera akan melaksanakan ide tersebut, pada malam hari mereka menangkap ayam jantan tersebut, menyekap mulut dan membunuhnya dengan diam-diam.

Mereka semua sangat gembira ide mereka berjalan dengan mulus, akhirnya mereka tidak usah bangun pagi-pagi lagi. Dengan bersemangat mereka semua berkumpul mengobrol perbuatan mereka, sehingga sampai malam mereka tidak tidur.

Keesokan harinya, niat mereka sudah terkabul mereka dapat bangun agak siang karena ayam tidak berkokok lagi, mereka bekerja sambil bernyanyi-nyanyi, mereka merasa gembira karena sudah dapat mencuri waktu, selamanya mereka sudah dapat bangun agak siang.

Pada hari ketiga, hari belum terang, dengan tergesa-gesa majikan mereka masuk kedalam kamar para pelayan ini, dengan berteriak dia berkata : ”Bangun ! Semuanya bangun ! Sekarang sudah harus mulai bekerja !........”

Para pelayannya mengucek-gucek mata mereka yang ngantuk dengan terkejut, mereka kaget melihat majikan mereka didalam kamar dengan cepat mereka segera membenah diri sendiri mulai bekerja.

Rupanya majikan mereka sudah tahu bahwa ayam jantannya yang tepat waktu berkokok tersebut sudah hilang, sehingga begitu bangun tidur dia langsung menyerbu kekamar pelayan membangunkan mereka.

Pelayan yang mengeluarkan ide ini sangat menyesal, dengan menarik nafas panjang dia berkata : ”Ehm ! Sungguh sial, berharap tidak ada ayam yang tepat waktu berkokok dapat tidur agak lama sedikit, malahan sekarang setiap hari harus bangun lebih cepat dari dulu. Oh Tuhan ! kenapa aku menyampaikan ide yang demikian jelek !”

Akhirnya, semua pelayan ini harus bangun lebih cepat dan mulai bekerja lebih awal dari dahulu. Tetapi akhirnya mereka sadar bahwa lebih banyak pekerjaan yang mereka kerjakan mereka akan mendapat upah yang lebih banyak.

2 komentar:

  1. Waspadalah jangan sampai penilaian negatif orang thd.diri Anda mempengaruhi / membentuk gambaran diri Anda,yang akan menghambat perkembangan kwalitas hidup Anda.

    Setelah di PHK akhirnya kesulitan mencari kerja,karena sdh tidak percaya.

    salam dan semangat !!!

    BalasHapus
  2. Matur nuwun Yang Kung atas tetes tetes nasehatnya. Ini akan bermanfaat untuk anak cucu kita kelak. Salim

    BalasHapus